""Writing is an exploration. You start from nothing and learn as you go."

Monday, June 2, 2014

god help me

adansdjaewuhdwuidhuaihduhwkqwishwishaudhqww@*#@!*!@#(#*!(*#(*#%^

ya Allah GUE LAGI PUSING BANGET.
kenapa je?
oke jadi gini ceritanya..

dari awal banget aja ya?
ini semua tentang kuliah. K U L I A H.
oke jadi pada awalnya.. awal banget, gue selalu pengen kuliah di bandung, selaluuu pengen banget kuliah di bandung.
dari dulu gue pengen jurusan arsitektur, dan pengen di ITB.
mulai naik ke kelas 12, gue mulai denger dong info info dari orang orang
banyak yang bilang, arsitektur itu paling bagus di UNPAR, apa itu unpar? Universitas Katolik Parahyangan, di bandung.
oke lah gue coba cari tau dong tentang arsitektur unpar, dan iya bener kalo search di google banyak banget yang bilang, arsi unpar itu #1 di ASEAN. siapa yang nggak jadi penasaran sih?

1. first trial:
akhirnya gue coba lah masukin rapot di jalur PMDK unpar bulan Desember 2013.
kata kakak gue coba aja, angkatan dia banyak yang keterima, wah otomatis jadi optimis dan semangat dong buat nyoba.
di jalur PMDK juga ada soal gambarnya, kemaren itu soalnya disuruh gambarkan halaman sekolah pada saat jam masuk sekolah, tdp beberapa petugas kebersihan, guru, dll.
oiya, gambarnya dgn waktu 90 menit (walaupun gue sekitar lebih dari 2 jam gambarnya)
oke lah gue gambar dengan semampu gue, disini gue belom terlalu ngerti gambar perspektif yang bener, asal gambar aja yang penting jadi deh.
setelah gambar, gue cukup puas dengan hasil gambar gue, dan bisa dibilang rapot gue alhamdulillah meyakinkan juga, makin optimis lah gue jadinya...

dan ternyata gue ga keterima.

oke... unpar ga segampang itu toh ternyata

2. second trial:
masih penasaran sama unpar, akhirnya gue nyoba USM 1 di bulan Januari 2014
tapi agak takut sama tes gambarnya.. karena USM arsi unpar itu nilai 80% dari tes gambarnya itu. soal gambarnya ada 2 yaitu suasana dan komposisi, dua gambar harus jadi dgn waktu 90 menit.. ya degdegan dong gue. oiya nilai sisanya yaitu 20% nya dari tes matematika dan b.inggris.
sebenernya gue ikut les arsitek di vilmer, tapi kok rasanya kurang banget ya.. di vilmer ga diajarin apa yang gue butuhin buat lolos USM unpar
akhirnya gue coba ikut temen gue (Mia) yang les di bandung, nama tempat lesnya SR di jl. ciung wanara. wah... enak banget lesnya, disana dilatih gambar dengan cepet, ngarsir yang bagus, komposisi gambar, perspektif yang bener, semuanya deh yang gue butuhin buat lolos USM.
kemudian bolak balik lah gue ke bandung, H-2 minggu USM.. mulai dari weekend doang, sampe akhirnya minggu depannya gue bolos sekolah dari hari kamis, sampe akhirnya temen gue ada yang ikut les juga namanya Rafi, krn dia mau ikut USM unpar jurusan arsitektur juga.
akhirnyaaaa gue mia rafi les di SR sampe hari sabtu, dan kemudian kita USM di hari minggu.

oke gue masih inget banget nih soalnya, soal suasana disuruh gambar halaman belakang rumah teman, ada bangunan dari material kayu (gue gambar semacem gazebo) yang berdiri kurang lebih 20 cm diatas rumput, ada teman kita lagi baca buku disana, dilengkapi dgn meja kayu dan kursi kayu, di sekelilingnya tdp bunga dan kolam dari batu alam dan pohon rindang.. yah kira kira gitu lah kebayang kan?
kalo soal komposisinya disuruh gambar meja kaca diatasnya ada mangkok isi mie atau baso ya? lupa.. terus ada sumpit sendok dll gue agak lupa yang jelas komposisi tata makanan diatas meja gitu, semacam sarapan di pagi hari.

jujur aja, disini gue lumayan optimis juga.. karena gimana pun gue udah les di bandung, dan gue rasa gue paham soalnya dgn baik dan gue merasa udah all out.

(matematika&b.inggrisnya gue ga belajar bytheway.. mtk ngerjain 11 dari 40, b.inggris lupa berapa.. diatas 30 lah dari 40 nomer)

hasilnya? gue ga keterima.
rafi juga blm keterima di USM 1 ini, yang keterima dari Labschool cuma mia

dan akhirnya di bulan Januari ini gue juga masukin undangan snmptn:
SAPPK ITB pilihan pertama, Arsitektur UI pilihan kedua

disini gue udah mulai hopeless dengan segala hal perkuliahan ini

3. third trial:
USM 2 unpar di bulan Mei 2014.
tadinya sempet gue gamau ikut, karena agak capek juga kalo harus bolak balik les ke bandung
tapi akhirnya gue memutuskan untuk ikut lagi, karena gimana pun gue belom dapet kuliah toh, mau nggak mau harus maksimalin apa yang gue kejer dong
oke.. gue mulai cari tempat les lagi, enak juga di bulan Mei ini gue udah selesai UN dan segala macam urusan SMA, gue tinggal nyari kuliah
tapi disini yang agak ngeberatin yaitu gue juga ikut INTEN.. karena gue bener bener nggak punya pegangan apa apa, dan INTEN jadi pegangan gue kalo misalkan kemungkinan terburuk unpar ga dapet lagi dan undangan ga keterima
akhirnya gue nemu tempat les gambar lagi, namanya GARASI. kenapa gue ga ikut SR lagi? karena mereka sempet sms gue kalo kelas lagi dibuka untuk seni rupa.. dan yg gue butuhin kan kelas arsitek, jadinya gue cari deh tempat les lain

akhirnya gue coba lah les di garasi sama temen gue namanya Hany, tadinya mau sama rafi juga tapi ngga jadi soalnya rafi ikut les yang lain dan jadwalnya bentrok.
di garasi, kita les cuma ber 4: hany, gue, dan 2 anak lainnya dari semarang namanya aaron&chacha.
yg ngajar disini orang alumni unpar, ngajarnya di rumahnya gitu
kira kira 8 hari kita les.. bahkan kita sampe ngekos di bandung, di guest house Pondokan 88.
actually dgn les disini gue sendiri ngerasa gambar gue membaik, arsirannya lebih bagus, tarikan garisnya lebih baik juga
gue udah mulai optimis lagi nih sama gambar gue, sampe akhirnya datanglah hari yang ditunggu tunggu...

disini gue udah lebih santai nih daripada USM pertama, pas USM pertama gue panik dan degdegan banget
akhirnya tesnya dimulai, buka deh soal gambarnya..

oke soal suasananya tentang suasana di pintu masuk mall, done.
buka lagi soal satunya, soal komposisi....

nah. loh.

kok.... soal komposisinya bener bener beda?
ada bingkai yg bermotif dan isinya artikel dgn judul, kira kira 11 baris kali tuh isi artikelnya, dan semua harus disalin dgn rapih.

yak mampus gue.. ini soal komposisinya tuh lebih ke typography, dan gue sama sekali ngga belajar typography waktu les di garasi, gue cuma belajar nulis dgn huruf kapital secara cepet dan rapih.
bodo amat deh gue ngerjain soalnya sebisa gue, matematika b.inggris juga sebisa gue (mtk 13 dari 40, b.ing 35/36 dari 40)

dan disini gue udah pesimis sama hasilnya... gue pasrah, gue udah mikir kalo nggak keterima nggapapa mungkin unpar bukan jodoh gue

pengumuman tanggal 17 Mei 2014, tapi tiba tiba pas tanggal 16 temen gue ada yang ngeline gue
"JEEE SELAMAAT ARSITEKKKK!!!"
loh.. gue bingung dong
orang jelas jelas pengumumannya tanggal 17 Mei, tapi gue disuruh buka webnya kata temen gue udah ada pengumumannya, gue buka deh sambil degdegan....



alhamdulillah ya Allah, gue keterima Arsitektur UNPAR.
seneng banget!!!!!!!! akhirnya dapet kuliah juga.. dan lega banget parah bisa keluar INTEN, ga kuat gue disana (padalan baru 1 minggu lebih)
hany rafi juga keterima, seneng bangettt deh banyak temen di unpar :D

udah seneng seneng, udah nyari kosan, udah mikirin nanti gimana, udah nanya nanya anak unpar disana kayagimana....................tiba tiba gue inget undangan.
sebentar... kalo gue keterima gimana?
disaat orang orang bilang undangan itu gaboleh ditolak....aduh, jadi kepikiran kan, gimana dong?

dan sampe akhirnya pengumuman snmptn, tanggal 27 Mei 2014.
awalnya dibilang jam 00.00 tanggal 27 Mei, udah gue tungguin sampe jam segitu tapi nggaada pengumuman apa apa, nggataunya diundur jadi jam 12 siang tanggal 27 Mei.
akhirnya gue tungguin sampe jam 12, tbtb jam 11.30an, temen gue ada yang ngasih tau kalo pengumuman snmptn bisa dibuka di snmptn.its.ac.id, tapi belom resmi gt. ya oke lah gue buka aja akhirnya


...........oke....

gue keterima SAPPK ITB.

gue diem, gue gatau harus ngapain.. bener bener gatau
ya Allah alhamdulillah banget. gue seneng, gue sujud syukur, tapi kemudian gue bingung

akhirnya jam 12 gue cek lagi di web aslinya, snmptn.ac.id


iya.. hasilnya sama aja, alhamdulillah gue keterima.



okay
singkat cerita, gue bingung
gue bersyukur keterima dua duanya, bersyukur banget... alhamdulillah dua duanya itu universitas bagus. dan emang gue dari dulu juga pengen banget ITB, yang jelas gue pengen banget kuliah di bandung.. tapi gue bener bener bingung.
harus pilih yang mana? mana yang terbaik buat gue?
gue udah solat istikharah dan merasa belom dapet jawaban.. belom ada yang bener bener ilang dari hati gue

huhu :(
berikanlah hambamu ini keyakinan untuk memilih salah satu dari universitas ini ya Allah...
hamba benar benar bingung, dan butuh petunjuk..
mau nangis jadinya..
bentar lagi nih daftar ulangnya.. unpar terakhir tgl 17 Juni, ITB juga harus hadir tgl 17 Juni, HUHU.

udah ah... doain gue ya bisa cepet milih mana yang paling baik buat gue utk dunia dan akhirat... amin.


(and goodluck out there yang lagi berjuang buat jalur sbmptn! xoxo)

16 comments:

Unknown said...

mau tanya, tes math dan inggrisnya susah gak? thanks

Jeje said...

hmm mathnya susah tapi inggrisnya ngga kok :D

Stella novianis said...

Contoh soalnya kaya apa? Heheh

Anonymous said...

jadinya masuk mana ka? pilihannya sama persis :)

Jeje said...

@stella noviani: contoh soal pmdk atau usmnya yaa?

@ifaza ayuni: jadinya masuk unpar hehe :)

pat said...

kakk, mat usm 1 sesusah tes sbmptn yang mat ipa gak? hehee thank youuu

Unknown said...

kak jumlah nilai raport buat masukin ke jalur undangan totalnya brp kak:((

Indonesia said...

kak, untuk soal usm 1 dan 2 nya di mat dan b. inggrisnya banyak perbedaannya ta? bisa ngga contact kak? line:hansonwijaya

aku 2minggu lagi ikut usm 1 dan blom ada persiapann

Indonesia said...

kak, untuk soal usm 1 dan 2 nya di mat dan b. inggrisnya banyak perbedaannya ta? bisa ngga contact kak? line:hansonwijaya

aku 2minggu lagi ikut usm 1 dan blom ada persiapann

Jeje said...

@patricia adela: nggak kokk, itu mat das deh kalogasalah kalo usm mat nya ga sesusah sbmptn hehe

@toya toya: aku lupaa.. udah lama bangettt

@hanson wijaya: nggak banyak perbedaannya kokk, lebih diutamakan gambarnya ketimbang pelajarannya :) kalo mau nanya nanya line aku ajaa: dindadinisa

tmu said...

Hebat kakk! Aku juga pengen banget masuk UNPAR atau ITB. Snmptn kurang beruntung tapi masih ada sbmptn sama usm 3. Doain aja...Oiya boleh minta saran ngga kak tempat les arsitektur yang bagus di jakarta?

Jeje said...

@tmu: goodluck ya! :) kalo di jakarta hmm villa merah juga bagus hehe aku pernah ikut villa merah di rawamangun

Unknown said...

Kak mau nanya lebih baik les di villa merah atau garasi? Makasih:) Selamat yaa udh masuk unpar

Unknown said...

kak kalo jalur pmdk bobot gambarnya 80% juga apa engga?

Elma Eklesia Tobing said...

Kak itu gambarnya wajib pensil atau bebas? Terus alat gambarnya disediain gaa? Ohiya satu lagi... Saya ikut tes usm 3 unpar, gapernah les gambar tapi menurut orang2 gambar saya sudah bagus. Itu nekat apa engga ya menurut kakak? Makasih sebelumnya kakk maaf banyak nanya hehe<3

Unknown said...

Kak syarat nilai buat snptn gimana?